Kamis, 02 Agustus 2018

Jenis Burung Madu Yang di Lindungi

Beberapa waku yang lalu pemerintah khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah mengeluarkan PERMEN tentang satwa yang dilindungi. Burung madu juga salah satu yang termasuk didalamnya.

Sebelumnya burung madu sudah dinyatakan sebagai burung yang diindungi oleh PP No. 7/Tahun 1999. Dimana semua burung madu atau keluarga nectarinidae merupakan jenis satwa yang diolindungi.

Namun sejak bulan Juni kemarin peraturan tersebut diubah oleh Menteri Lingkungan Hidup dengan NOMOR P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018. Bahwasanya hanya beberapa jenis burung madu saja yang dilindungi oleh pemerintah dengan kata lain burung tersebut tidak boleh ditangkap, dipelihara ataupun diperjual belikan.

Ada 5 jenis burung madu yang masuk dalam kaegori burung dilindungi. Rumah Kolibri sendiri masih menanyakan kenapa hanya 5 jenis saja yang dilindungi sedangkan masih banyak jenis burung madu lain yang termasuk jenis endemik.

Burung Madu Jawa (Aethopyga Mystacalis)

Burung madu jawa merupakan salah satu dari keluarga Aethopyga. Merupakan jenis burung yang endemic dimana hanya ditemukan di Pulau Jawa. Ciri utama burung ini adalah bulunya yang khas berwarna merah dan hampir mirip dengan saudaranya Sepah Raja.

aethopyga mystacalis
Burung Madu jawa
Burung Madu Sepah-raja (Aethopyga Siparaja)

Sepah raja juga termasuk burung yang dilindungi oleh pemerintah. Burung ini juga memilik warna merah sama seperti burung madu jawa. Namun sebenarnya ada perbedaan diantara keduanya. Habitat burung termasuk luas hampir diseluruh Asia Tenggara dan di Indonesia sendiri hampir menyeluruh.

aethopyga siparaja
Burung Madu Sepah Raja
Burung Madu Sangihe (Aethopyga Duyvenbodei)

Masih satu keluarga dengan kedua jenis diatas diaman masih masu dalam Aethopyga. Namun Burung Madu Sangihe memiliki corak warna buu yang berbeda. Bulu mahkota berwarna hijau metalik, punggung kemerahan, dengan dada berwarna kekuningan. Merupakan jenis burung endemic yang hanya ada di pulau sangihe.

kolibri
Burung Madu Sangihe

Burung Madu Leher-Merah (Anthreptes Rhodolaemus)

Merupakan burung yang mirip dengan burung madu kelapa namun entah kenapa masuk dalam jenis sendiri tidak dimasukan dalam subspecies. Hanya perbedaan terapat pada corak warna buu dimana bulu punggung dan tengorokan berwarna kemerahan. Burung ini masuk nomer 4 yang dilindungi.

kolibri kelapa merah
Burung Madu Leher Merah

Burung Madu Sumba (Cinnyris Buettikoferi)

Masuk dalam Jenis Cinnyris satu keluraga dengan Sogok Ontong atau Sriganti. Dari segi fisik hampir sama persis dengan Sogok Ontong hanya saja pada bulu leher dan dada sedikit berbeda. Sesuai dengan namanya burung ini endemic di kepualauan Sumba.

sogok ontong sumba
Burung Madu Sumba

Mungkin itulah kelima jenis burung madu yang sekarang di lindungi oleh pemerintah. Untuk jenis lain sepertinya diperbolehkan untuk dipelihara.

Meski masih banyak lagi jenis yang sebenarnya masuk dalam kategori endemic yang hanya ditemukan di Indonesia saja. Namun sepertinya dari pemerintah belum memasukan dalam kaegori yang dilindungi.

Saran dari Rumah Kolibri bagi Kicau Mania adalah rawatlah burung dengan sebaik mungkin. Sadarlah bahwa burung tersebut sangat berguna bagi proses penyerbukan bunga.

Saran bagi Kementrian Lingkungan Hidup adalah semoga daftar tersebut semakin di perbanyak terutama jenis burung madu. Karena masih banya lagi jenis yang amsuk endemik seperti Burung Madu Gunung (Aethopyga Eximia)

Artikel Terkait

This Is The Newest Post

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon