Sabtu, 16 Desember 2017

Tips Memilih Nektar Yang Bagus Dan Cocok Bagi Kolibri Anda

Nektar merupakan pakan utama bagi burung kolibri (burung madu), pleci, dan  honeyeater. Nektar sendiri berasal dari hasil fotosintesa tumbuhan yang terdapat pada bunga.

Burung ini mendapatkan nektar dari dalam bunga-bunga yang bermekaran dengan cara menghisap. Nektar memiliki rasa yang manis dan tidak berwarna.
cara memilihnektar yang bagus buat kolibri ninja
Hummingbird
Didalamnya terkandung glukosa,fruktosa, dan sukrosa dimana ketiganya merupakan komposisi utama. Namun nektar miskin akan gizi maka dari itu harus didampingi extrafooding berupa serangga kecil seperti kroto atau ulat kandang.

Didalam dunia perkolibrian banyak sekali beredar nektar buatan yang dipasarkan untuk memudahkan para kolibri mania untuk memberikan asupan nektar tiap harinya.

Kali ini rumah kolibri akan membahas tentang cara memilih nektar yang bagus dan sesuai untuk kolibri anda agar tetap sehat dan makin gacor.

Dari sediaannya nektar dibagi menjadi dua yaitu nektar cair dan nektar serbuk. Keduanya sama-sama sumber karbohidrat dan bagus untuk burung kolibri.

Dalam memilih nektar ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah komposisi (kandungan), cara penyimpanan dan rekam jejak penjualan dan khasiatnya bagi burung. Usahakan membeli nektar yang sudah dipakai banyak orang (branded), tanpa pengawet dan menggunakan pewarna alami atau sedikit menggunakan pewarna makanan.

Produk nektar sendiri dibedakan menjadi dua yaitu nektar berprotein dan nektar non protein.

Nektar berprotein adalah nektar yang didalamnya terkandung protein. Sedangkan nektar non protein adalah nektar yang isisnya hanya gula (karbohidrat) dan tidak mengandung protein.

Untuk mempermudah pemahamannya Rumah Kolibri akan menjelaskan dari segi kelebihan dan kekurangan dua jenis nektar tersebut.

Nektar berprotein :

Kelebihan :
Sangat cocok bagi kolibri yang tidak doyan kroto atau susah mendapatkan kroto.
Meski tanpa kroto burung tidak akan kurus.
Membuat burung menjadi gacor dan sehat.

Kekurangan :
Masa simpan yang singkat (masa expired pendek)
Harus disimpan kulkas

Nektar non protein :

Kelebihan :
Memiliki masa simpan yang lama (masa expired panjang).
Tanpa perlu disimpan dalam kulkas.
Membuat burung menjadi gacor dan sehat.

Kekurangan :
Harus didampingi kroto agar burung tidak kurus.
Kurang cocok bagi burung yang belum doyan kroto.

Jika dirumah ada lemari es nektar yang cocok adalah yang berprotein. Jika tidak maka lebih baik memilih yang non protein. artikel ini tidak bermaksud menjatuhkan sebuah produk manapun. Hanya sekedar memberikan informasi terkait nektar agar para konsumen dapat menyesuaikan nektar mana yang cocok untuk digunakan.

Dari keterangan diatas anda dapat menyesuaikan jenis mana yang akan anda gunakan. Dengan begitu anda tidak akan menjadi salah pilih dan berujung kecewa.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon