Rabu, 13 Desember 2017

Dasar-dasar Dalam Memelihara Kolibri

Kolibri merupakan jenis burung yang kini semakin banyak diminati oleh para kicau mania. Namun perlu anda ketahui bahwa nama sebenarnya dari burung ini adalah burung madu.

Lima tahun belakangan pamor kolibri di kancah perburungan semakin meningkat. Hal itu dapat diukur dari banyaknya permintaan pasar, munculnya komunitas kolibri yang semakin bertambah, dan event-event lomba yang ada disetiap daerah.

cara merawat kolibri bagi pemula
Sogok Ontong
Dengan merebaknya peminat konin ini maka para penghobi baru atau pemula banyak yang bermunculan. Maka tidak heran orang yang baru pertama kali pasti kebingungan dalam memelihara burung kolibri.

Ada yang asal merawat tanpa mengetahui cara perawatannya dan akhirnya berujung dengan matinya burung kolibri yang dimiliki. Kemudian mereka beranggapan bahwa burung kolibri itu sangat sulit untuk dipelihara.

Sebenarnya burung kolibri merupakan jenis burung yang sangat mudah sekali dipelihara asal kita tahu bagaimana cara perawatannya. Banyak dari para pemula yang pertama kali merawat burung ini pasti kebingungan dan mencari tahu cara perawatan baik dari Rumah Kolibri atau dari komunitas yang ada di grup facebook.

Dalam merawat kolibri itu sebenarnya jauh lebih mudah daripada burung pemakan serangga seperti murai batu, kacer, dan burung jenis lain. Bahkan bagi Rumah Kolibri merawat burung ini jauh lebih simple daripada burung pleci.

Ada beberapa dasar penting yang harus diperhatikan dalam merawat burung kolibri diantaranya :

Jenis pakan
Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa burung kolibri memiliki ciri yang khas pada paruhnya kecil dan panjang seperti pipet yang berfungsi untuk menghisap nektar. Dengan demikian burung ini pakan utamanya berbentuk cair.

Jangan sampai anda memberikan makanan padat (voer) pada burung bahan yang belum terbiasa makan voer. Secara otomatis pakan tersebut hanya dilihat saja tanpa disentuh sedikitpun. Jadi sediakan pakan berupa cairan yang manis sebagai contoh air gula (nektar).

Dan jangan lupa berikan kebutuhan protein dan lemak pada burung kolibri agar tetap gemuk dan sehat. Karena pemahaman orang selama ini burung kolibri hanya makan nektar saja.

Mereka tidak tahu bahwa burung kolibri juga memakan serangga dan buah kecil untuk mencukupi serat dan protein. Maka tidak heran jika selama mereka merawat burung tiba-tiba mati karena kurus karena air gula saja tidak mengandung protein dan serat sama sekali.

Berikan extrafooding berupa kroto utau ulat kandang pada burung agar kebutuhan nutrisi terpenuhi sehingga burung tetap gemuk dan sehat. Jika burung belum mau kroto maka langkah awal agar burung tetap sehat adalah memberikan susu kental manis putih untuk pakan setiap harinya sebagai pengganti air gula dan kroto.

Perawatan
Dalam merawat burung kolibri kita harus memeperhatikan pola rawatan yang kita berikan. Usahakan kita tidak merubah-rubah pola rawatan agar birahi burung tetap stabil dan rajin berkicau.

Hal yang harus diperhatikan dalam pola perawatannya adalah kebersihan kandang dan tempat pakan minum burung. Karena burung ini pemakan nektar yang manis maka harus rajin dibersihkan karena mudah sekali ditimbuhi kuman.

Perawatan burung kolibri tidak lah jauh berbeda dengan burung jenis lain seperti pleci. Mulai dari pengembunan, penjemuran sampai penggantangan.

Namun yang harus diperhatikan adalah tentang cara memadikan burung.  Usahakan burung kolibri jangan dimandikan semprot terlebih lagi saat burung selesai dijemur atau dari tempat yang panas karena burung bisa sakit dan mati mendadak.

Tahapan bunyi
Setiap burung kolibri memiliki tahapan bunyi yang harus dilalui mulai dari ngecall, ngeriwik, sampai gacor. Jadi bagi anda yang baru belajar memelihara kolibri janganlah tergesa-gesa bahwa burung bakalan anda ingin segera gacor.

Semua ada proses dan tahapan yang harus dilalui perlu kesabaran dan ketelatenan. Karena seorang master kolibripun ketika merawata burung bahan tidak serta merta langsung gacor dalam tempo seminggu atau dua minggu saja.

Minimal burung bahan ombyokan sampai gacor dor diperlukan waktu kurang lebih satu tahun. Jadi bagi anda yang baru beli burung bahan kemarin dan sekarang pengen gacor dor mending beli burung jadi saja hehehehe.

Penjinakan
Salah satu syarat utama bagi burung yang gacor adalah jinak dalam artian tidak takut dengan manusia. Jadi anda membiasakan burung kolibri anda agar mampu beradaptasi dengan menusia.

Sehingga burung tidak takut dengan manusia dan merasa nyaman saat bunyi didepan banyaknya orang. Jadi penjinakan merupakan point penting yang harus dilakukan selama perawatan.

Jangan berharap burung anda gacor jika melihat orang saja masih ketakutan dan grabyakan seperti jet.

Saya adalah orang yang menyukai dunia burung terutama burung madu.

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon