Minggu, 26 November 2017

Perawatan Kolibri Saat Musim Hujan

Sekarang ini sudah memasuki musim penghujan dimana hampir setiap hari selelu diguyur hujan. Pada musim ini sering sekali ditemukan penyakit yang menyerang unggas termasuk burung kolibri.

Pada musim seperti ini cenderung susah didapatkan cuaca cerah (sinar matahari) sehingga suhu sekitar menjadi dingin. Hal ini membuat burung menjadi kedinginan ditandai dengan males bergerak dan bulunya mengembang, dan kurang begitu rajin bunyi.
Kolibri Ninja
Konin Gembung
Maka dari itu kita harus melakukan perawatan yang ekstra pada saat musim hujan. Mulai dari penjemuran pembersihan kandang juga harus diperhatikan.

Ketika cuaca cerah jemur burung secukupnya sampai burung terasa hangat. Usahakan dalam seminggu dijemur kurang lebih dua kali.

Selain penjemuran kita juga perlu membersihkan kandang setiap hari agar burung tetap sehat. Karena kebersihan kandang merupakan kunci utama agar burung sehat.

Bersihkan kandang dari kotoran setiap pagi atau sore hari tergantung dengan kesibukan anda. Jangan lupa bersihkan juga perlatan lainya seperti tangkringan, tempat minum dan pakan.

Kandang yang tidak bersih dan kotoran yang menumpuk merupakan sarang dari penyakit. Terlebih lagi disaat musim hujan kandang terkesan lembab.

Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan krodong karena jika tidak rajin dibersihkan krodong menjadi sarang kuman dan jamur.

Untuk perawatan saat musim hujan agar burung tetap lincah dan gesit saat musim hujan. Sering-seringlah memberikan madu agar tubuh burung tetap hangat. Jangan lupa memberikan vitamin seminggu dua kali (2x) untuk menjaga kesehatan burung.

Itulah sedikit tips tentang cara perawatan kolibri saat musim hujan agar tetap sehat dan tidak mudah mati.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon