Rabu, 22 November 2017

Cara Mengatasi Bulu Lepek Pada Konin Ombyokan

Mengatasi bulu lepek pada konin akibat terkena air gula yang lengket. Memang perlu dilakukan penanganan khusus.

Konin yang saat diombyok dalam jumlah yang banyak lebih rentan terkena air gula pada bulunya. Masalah ini paling banyak ditemui dikarenakan mandi pada cepuk nektar (air gula).
cara membersihkan bulu burung yang lepek dan kusut
Kolibri Ninja (Konin)
Tanda-tanda burung yang bulunya terkena air gula adalah bulu terlihat kusut, lengket, dan burung lebih sering mandi. Hal yang dikhawatirkan adalah ketika burung dalam kondisi nyilet dan sering mandi dapat berakibat pada burung kedinginan dan mati.

Kita perlu secara langsung membersihkan bulu burung dari air gula suaya bulu kembali menjadi bersih dan rapi. Sebab jika kita hanya mengandalkan burung mandi sendiri maka diperlukan waktu yang lama bulu burung kembali bersih.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi bulu kolibri yang lengket akibat air gula. Yaitu dengn cara memandikan langsung burung ke dalam bak seperti kita memandikan burung lovebird.

Dengan metode ini bulu burung menjadi basah sepenuhnya dan air gula yang lengket akan larut pada air. Dibawah ini contoh cara memandikan burung pada air secara langsung.
cara memandikan burung kolibri dengan mudah
Memandikan burung
Cara yang kedua adalah memandikan burung dengan memegang burung dan mengusap bulu burung dibawah air yang mengalir secara lembut. Cara ini jauh lebih cepat daripada cara pertama namun perlu kehati-hatian agar burung tidak lepas.

Jika dirasa bulu sudah bersih dari gula maka segeralah mengeringkan bulu burung dengan mamakai tissue. Jika sekiranya bulu seudah kering masukan kembali burung kedalam kandang dan jemur ditempat yang panas.

Itulah cara membersihkan bulu burung kolibri yang lepek akibat terkena cairan nektar atau gula.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon