Kamis, 03 Agustus 2017

Kolibri Ekor Api Si Cantik Dari Negeri Tibet

Kolibri Ekor Api (Aethopyga Ignicauda) atau biasa dikenal dengan Fire Tailed Sunbird. Merupakan salah satu keluarga dari kolibri sepah raja yang biasa kita kenal selama ini.

Habitat burung ini berada di hutan beriklim sedang maupun daera pegunungan beriklim sub tropis. Burung ini hanya hidup didaerah yang memiliki curah hujan sedikit dan memiliki 4 musim.

www.rumahkolibri.com
Kolibri Ekor Api (Aethopyga Ignicauda)
Si Ekor Api juga ditemukan di daerah pegunungan degan ketinggian 4.000 diatas permukaan laut di gunung Himalaya. Saat musim dingin burung ini biasanya turun ke lembah untuk mencari daerah yang hangat.

Jika anda berminat untuk melihat burung ini secara langsung anda bisa pergi ke negara Bangladesh, Bhutan, India, Myanmar, Nepal, Thailand dan Tibet. Namun spesies ini juga ditemukan di pulau-pulau daerah sekitar India dan Himalaya.

Dialam liar burung ini biasa ditemukan sendirian ataupun dalam kelompok kecil. Biasa hinggap dari satu pohon ke pohon lain dan terlihat saling berkejaran satu sama lain.

Burung jantan berukuran kurang lebih 15 cm dengan mahkota berwarna biru dengan punggung berwarna merah, dada berwarna ungu semburat kemerahan. Sedangkan untuk burung betina memiliki ukuran tubuh berkisar 14 cm dengan bulu berwarna hijau zaitun diseluruh tubuh.

Ciri khas dari burung ini adalah 2 helai ekor yang panjang melebihi ekor lainnya. Ekor burung ini berwarna orange seperti jilatan api.

Sangat disayangkan tidak adanya informasi yang membahas lebih dalam tentang burung ini. Sehingga dalam pembahasan tentang masa berkembang biak burung ini belum diketahui infonya.

Dalam sekali bertelur burung betina mengeluarkan 2 butir telur dengan masa pengeraman 21 hari. Sarang berbentuk kantung yang menempel pada ranting dengan bahan dari rumput dan saran laba-laba.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon