Jumat, 25 Agustus 2017

4 Cara Menjinakan Kolibri Dengan Mudah

Tags

Menjinakan kolibri – Memiliki kolibri yang jinak adalah dambaan bagi semua kicau mania khususnya yang suka dengan burung penghisap nektar ini. Jinak disini dalam artian tidak takut pada manusia dan tidak kelabakan ketika dipegang kandangnya.

kolibri ninja, kolibri kelapa, korlap, dengan mudah
Salah satu contoh kolibri yang sudah jinak
Kolibri yang jinak lebih cenderung rajin bunyi meskipun ada lalu lalang orang disekitarnya yang ramai. Burung sudah tidak takut lagi dan cenderung cuek ketika melihat orang didekatnya saat berkicau.

Salah satu syarat burung yang gacor adalah mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Jika burung mampu beradaptasi dengan tidak takut dengan lingkungan sekitar maka dipastikan burung akan berkicau secara los.

Namun banyak pula para kolibri mania yang stress karena memiliki burung yang girasnya minta ampun. Baru lihat orang sudah kelabakan dan berhenti berkicau ketika melihat manusia lewat.
Maka dari itu Rumah Kolibri akan berbagi tips kepada para sahabat kicau mania tentang bagaimana menjinakan kolibri yang giras. Cara ini di ambil dari pengalaman pribadi dan sudah dipraktekan secara langsung dan berhasil.

Ada perbedaan lamanya proses penjinakan pada jenis kolibri dimana kolibri sogok ontong dan kolibri kelapa lebih susah untuk dijinakan. Hal ini mungkin dikarenakan kedua burung ini sudah terbiasa dengan aktivitas manusia dimana mereka menganggap kita sebagai ancaman. Berbeda dengan jenis kolibri ninja, wulung maupun sepah raja yang lebih mudah jinak dikarenakan mereka biasa hidup dihutan jarang bertemu manusia sehingga kita tidak dianggap sebagai ancaman.

 Ada 4 cara dalam menjinakan kolibri baik masih bahan muda hutan maupun burung gacoran yang sudah lama dirawat namun masih saja giras. Catatan bagi burung rawatan lama yang ingin dibuat jinak pada awal pelatihan biasanya burung mengalami perubahan seperti burung jadi kuran rajin bunyi karena stress. Namun lama kelamaan ketika burung sudah terbiasa dan jinak maka akan kembali gacor seperti semula.

Cara pertama dengan terapi lapar.
Metode ini dilakukan dengan cara membuat burung menjadi lapar dan memberikan makanan langsung kepada burung dengan tujuan agar burung tidak takut dengan tangan kita dan tidak takut pada kita. Perlu waktu kurang lebih sekitar 2 bulanan untuk menjinakan burung dengan metode ini samapi burung benar-benar jinak. Caranya bisa dengan ketika kita mengeluarkan burung dari rumah cabut semua pakan dari kandang.

Jika burung sudah mulai lapar dan mencari pakan cobalah sodorkan pakan kepada burung berupa air gula atau kroto. Tangan yang memegang pakan usahakan selalu tenang dan jangan banyak gerak agar burung tidak takut. Pada awal-awal burung sama sekali tidak mau mneyntuh makanan yang ada ditangan anda namun setelah beberapa hari burung pasti mau dan terbiasa dengan tangan anda. Ketika burung sudah mulai mau makan pakan yang ada ditangan berikan sentuhan pada burung secara perlahan dan rutin. Dengan begitu burung akan terbiasa dengan kita dan alhasil burung mau makan dan angkring ditangan kita.

Cara kedua gantang ditempat ramai.
Salah satu cara yang bisa kita lakukan dalam menjinakan burung adalah dengan cara menggantang burung ditempat yang ramai. Hal ini bertujuan agar burung menjadi terbiasa dengan aktivitas manusia dan tidak takut lagi.

Caranya : letakan burung ditempat ramai seperti pinggir jalan raya atau didekat lalu lalang orang banyak. Pada saat penjinakan dengan metode ini pilihlah sangkar yang jarak rujinya lebih rapat hal ini bertujuan agar kepala burung tidak terluka. Biasanya burung muda hutan ketika masih takut dengan manusia akan menabrak kandang dan beresiko membuat luka diatas paruh.

Cara ketiga terapi mandi basah kuyub.
Dengan memandikan burung sampai basah kuyub bisa dijadikan metode dalam menjinakan burung kolibri. Menurut rumah kolibri cara ini paling efektif dalam mempercepat proses penjinakan burung. Caranya dengan membuat burung basah samap tidak bisa terbang setelah itu keluarkan burung dari kandang dan berikan sentuhan dan belaian kepada burung secara lembut.

Jika bulu burung sudah mulai mengering masukan burung ke kandang lanjutkan dengan membelai burung sampai benar-benar bulu menjadi kering. Lakukan secara rutin setiap hari baik pagi hari maupun malam hari kurang lebih 1 bulan burung akan menjadi jinak. Metode ini kurang direkomendasikan pada burung kolibri ninja karena konin mudah sakit ketika dimandi semprot.

Cara ke empat dengan metode pendekatan.
Cara ini bisa kita lakukan jika kita tidak memiliki aktivitas yang banyak dan kita bisa focus pada penjinakan burung. Langkah yang kita lakukan adalah dengan membawa burung kemana-mana baik saat ketika kita nonton tv atau hanya sekedar bersiul-siul didekat burung. Usahakan burung dibasahi agar burung lebih banyak diam dan berikan juga sentuhan kecil kepada burung. Bagi anda yang siangnya banyak kesibukan cara ini bisa anda lakukan ketika malam hari saat menonton tv atau berkumpul dengan keluarga. Cara ini hampir mirip dengan terapi mandi basah kuyub namun lebih cenderung apda pendekatan pada burung.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon