Selasa, 25 Juli 2017

Mengenal Kolibri Ekor Garpu Masih Satu Keluarga Dengan Sepah Raja

Aethopyga Christinae merupakan jenis kolibri dari keluarga aethopyga. Masih satu keluarga dengan sepah raja dan kolibri gunung.

Habitat burung ini berada daerah iklim tropis dan subtropis di asia. Biasa ditemukan di daerah hutan rendah yang lembab.
saudara sepah raja
Kolibri Ekor Garpu Jantan
Kolibri ekor garpu bisa anda temukan dinegara China, Hongkong, Laos dan Vietnam. Sangat disayangkan tidak bisa kita temukan di Indonesia maupun Malaysia.

Hidup sendiri atau dalam kelompok kecil untuk mencari serangga dan nektar dari bunga-bunga. Selain itu burung ini juga memakan buah-buahan kecil untuk mencukupi kebutuhan gizi setiap harinya.
sepah raja
Kolibri Ekor Garpu Betina
Secara fisik burung kolibri ekor garpu jantan hampir mirip dengan kolibri gunung. Karena memiliki mahkota berwarna hijau metalik dengan warna merah pada leher.

Bulu punggung berwarna hijau zaitun dan bulu dada berwarna putih abu-abu. Ekor berwarna hijau metalik dengan cirri khas ada 2 helai lebih panjang dari yang lain.

Sedangkan burung betina berwarna hijau zaitun ke abua-abuan tanpa warna metalik sedikitpun. Dan ekor cenderung lebih pendek.

Ukruan tubuh burung ini kurang lebih 15 cm dari ujng paruh hingga ekor. Dengan kaki berwarna coklat kemerahan dan mata berwarna coklat.

Belum ada info yang jelas tentang pembahasan masa berkembang biak burung ini. Sarangnya terbuat dari rerumputan dan sarang laba-lab yang bebentuk lonjong dengan lubang ditengah.

Bertelur 2 butir dalam sekali proses berkembang biak dan aak yang dihasilkan biasanya sepasang jantan betina. Burung betina dewasa yang lebih banyak mengurus anak-anakannya.

Suara burung ini terdengar sangat merdu dengan nada zwink-zwink yang diulang-ulang. Jantan lebih memiliki banyak variasi suara dibandingkan betina.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon