Rabu, 19 Juli 2017

Manfaat Kuning Telur Bagi Burung Kolibri

Perlu kita ketahui bahwa kebutuhan nutrisi bagi burung kolibri itu sangatlah penting. Selain untuk menjaga kesehatan burung, nutrisi juga berperan dalam perkembangan fisiologis burung.

Salah satu ciri burung yang sehat secara fisiologis terdapat pada warna bulu burung yang cerah dan tidak kusam. Bisa kita lihat ketika kita membeli burung tangkapan hutan pasti bulunya berwarna cerah karenaa kebutuhan nutrisinya sangat terpenuhi dialam berbeda ketika kita merawatnya.

cara membuat super nektar
Kuning Telur Bebek

Jika kita ingin mendapati burung kita memiliki bulu yang berwarna indah dan menawan meski dirawat bertahun-tahun. Kita harus memperhatikan kebutuhan nutrisi burung tersebut, jangan sampai kita mengabaikannya.

Jika kita tahu kuning telur sangat bermanfaat bagi burung kolibri untuk mencukupi kebutuhan gizi. Selain  gizinya yang tinggi kuning telur juga mengandung carotenoid yang bagus untuk mempertahankan warna bulu burung.

Selain itu kuning telur juga mengandung vitamin dan lemak esensial yang bagus untukmempertahankan warna pada bulu burung kolibri. Salah satu percobaan yang sudah pernah dilakukan teman saya pada burung Konin.

Burung konin yang awalmulanya memiliki warna bulu dada berwarna coklat. Setelah rutin diberikan kuning telur pada pakan harianya. Ada perubahan warna yang signifikan pada bulu dada burung yang pertama coklat berubah menjadi merah seperti burung dari tangkapan hutan.

Kuning telur yang bisa kita pakai tidaklah sembarangan usahakan menggunakan telur ayam kampung atau telur bebek. Jangan menggunkan telur ayam negri karena gizinya tidak sebagus telur ayam kampung atau bebek.

Kuning telur bisa kita jadikan sebagai salah satu bahan campuran pakan yang akan kita berikan kepada burung.  Kita bisa mencampurnya dengan bahan lain seperti SKM, Madu, Sirup maupun Air gula.

Jika pemberian kuning telur rutin diberikan besar kemungkinan setelah burung melewati masa mabung. Maka bulu baru yang tumbuh akan memiliki warna yang lebih cerah dan terang. Tidak seperti bulu sebelum diberi kuning telur pada pakannya.

Bicara kelebihan pasti juga memiliki kekurangan pada pakan yang ditmbahi kuning telur. Salah satunya adalah pakan yang ditambahi kuning telur lebih mudah basi jika tidak disimpan di lemari pendingin.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon