Kamis, 22 Juni 2017

Rahasia Rawatan Harian Kolibri Ninja (Konin) Lomba

Kali ini kami mencoba membagikan rahasia perawatan harian konin lomba. Agar anda semua lebih mudah memahami dan segera mengikuti para jawara lapangan yang sudah duluan menjadi juara.

Sekali lagi kami beritahukan bahwa perawatan ini bersifat umum dan tidak memastikan bahwa burung akan langsung juara. Semua harus diimbangi dengan kondisi burung, performa, dan karakter burung tersebut.

rawatan konin lomba
Rawatan Kolibri Ninja Lomba

Memang ada perbedaan antara perawatan konin biasa dengan konin yang dilombakan. Untuk konin harian kita jarang main kerodong dari pagi sampai sore bahkan malam tidak dikerodong.

Namun bagi konin lomba kerodong merupakan piranti wajib yang harus dikenakan setiap harinya baik siang ataupun malam. Hal ini berguna untuk menjaga kestabilan emosi dan birahi burung agar tetap stabil dan burung tetap fighter.

Pada pagi hari setelah bangun tidur keluarkanlah burung dari dalam rumah. Buka kerodong lalu gantang di teras agar burung menikmati suasana pagi yang sejuk. Lakukan sampai mathari bersinar terang dan sudah terasa panas.

Selanjutnya bersihkan kandang burung dari kotoran dan ganti pakan dan minum dengan yang baru. Jangan lupa air harus diganti setiap pagi biasanya saat dijemur burung akan mandi.

Setelah proses penjemuran selesai burung diangi-anginkan agar burung merapikan bulu-bulunya setelah mandi. Biarkan burung berkativitas untuk makan, minum, terbang kesana kemari dan berkicau.

Kurang lebih 1 jam lebih kerodong burung lagi masukan kerumah sampai keesokan harinya. Lakukan kegiatan ini rutin setiap harinya terutama pembersihan kandang.

Untuk asupan manis setiap harinya bisa disediakan susu yang dicampur dengan madu dengan perbandingan 1:1. Kroto harus diberikan tiap hari agar burung tetap sehat dan rajin bunyi. Tidak ada takaran untuk berapa pemberian kroto asal habis saja.

Pada H-1 burung dijemur agak lama sampai mandi sendiri. Ganti pakan dengan air gula dicampur madu. Kroto tetap diberi sekiranya satu hari habis. Full kerodong dan jauhkan dari burung lain agar burung istirahat.

Pada hari H sebelum berangkat ke gantangan bersihkan sangkar ganti air minum. Berikan kroto sebanyak mungkin dan air gula sedikit saja kiranya cukup untuk sampai di tempat gantangan. Full kerodong lagi siapkan tas ransel.

Setelah sampai ditempat gantang usahakan 30 menit sebelum naik gantangan sudah sampai tempat. Untuk pengkondisian burung diarena lomba. Gantang burung ditempat yang teduh dan tenang samnbil dicek pakan dan air minum. Bersihkan sangkar jika kotor jangan lupa isi ulang air gula dan air minum.

Tunggu sampai kelas konin dipanggil dan jangan lupa burung tetap dikerodong sampai di tempat gantangan baru dibuka. Itulah sedikit gambaran tentang perawatan konin lomba.


Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon