Sabtu, 24 Juni 2017

Mengenal 3 Jenis Gula Sederhana Untuk Kolibri

Akhir-akhir ini banyak sekali beredar varian jenis gula sederhana. Ada yang menggunakan air infus ataupun menggunakan bentuk serbuk maupun cair.

Bagi yang masih awam dengan jenis-jenis gula yang beredar pasti bingung. Untuk itu ijinkan saya untuk sedikit menjelaskan tentang 3 jenis gula sederhana yang biasa dipakai dalam pembuatan nektar.

sukrosa (gula pasir), glukosa dan fruktosa untuk kolibri
Jenis gula untuk kolibri

Sebelum mengarah kesana kita perlu tahu dulu tentang kandungan nektar yang alami itu sebenarnya apa saja?. Perlu kita tahu bahwa nektar bunga dialam itu mengandung asam amino esensial, elektrolit dan sebagian besar terdiridari gula yang membuat rasanya manis.

Adapun jenis gula penyusuan nektar  antara lain Glukosa 50 %, Fruktosa 25%, dan Sukrosa 25%. Nektar dikenal dengan makanan yang miskin gizi, maka dari itu untuk mencukupi kebutuhan gizinya burung juga memakan serangga dan buah-buahan kecil.

Apakah anda sudah paham tentang kandungan nektar yang sebenarnya?. Jika sudah mari kita membahas tentang 3 jenis gula tersebut biar kita lebih paham dan tahu.

Sukrosa, merupakan jenis gula disakarida yang digunakan sebagai sumber tenaga dalam tubuh. Sukrosa atau biasa kita kenal sebagai gula pasir dalam kehidupan sehari-hari. Jenis ini termasuk gula yang proses pencernaan dalam tubuh lebih lama daripada glukosa maupun fruktosa. Menurut rumah kolibri gula ini kurang bagus daripada 2 jenis lainnya untuk dikonsumsi tiap harinya. Salah satu ciri-ciri nektar yang menggunakan bahan dasar sukrosa jika dipanaskan akan mengkristal.

Glukosa, merupakan jenis gula paling sederhana atau monosakarida. Biasa juga dikenal dengan sebutan Dextrosa. Maka tidak heran jika anda membeli infus glukosa tapi di beri yang dextrosa. Namun sebenarnya keduanya adalah sama, jadi anda tidak perlu bingung. Glukosa mudah dicerna oleh tubuh tidak seperti sukrosa. Maka dari itu banyak produsen nektar yang menggunakan bahan dasar glukosa.

Fruktosa, merupakan jenis gula monosakarida, biasa juga disebut sebagai gula buah. Banyak ditemukan didalam buah-buahan dan madu. Rasanya paling manis daripada jenis gula lain. Lebih mudah diserap oleh tubuh hampir sama seperti glukosa. Karena tingkat kemanisan yang lebih tinggi fruktosa sangat cocok untuk menaikkan birahi burung agar lebih galak.
Kini anda sudah lebih mengenal ketiga jenis gula yang biasa dipakai dalam bahan nektar. Anda bisa meneyesuaikan manakah yang lebih cocok untuk burung anda.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon