Senin, 19 Juni 2017

Cara Memilih Tangkringan Untuk Kolibri

Banyak sekali yang menanyakan jenis tangkringan yang bagus untuk kolibri agar nagen saat lomba. Dan bagaimana susunan tangkringan agar burung tidak ngruji atau ngarpet dibawah.

Tangkringan merupakan komponen penting dalam sangkar yang harus diperhatikan. Karena tangkringan merupakan pijakan kaki atau tempat bertengger burung.

Tangkringan untuk konin
Tangkringan untuk kolibri

Pemilihan bahan dan penataan yang teapt akan sangat berpengaruh sekali dengan performa burung setiap harinya maupun dilapangan. Jadi jangan anggap remeh masalah ini meskipun sepele tapi berpengaruh besar baik untuk performa burung maupun penilaian.

Yang pertama kita bahas disini adalah bahan tangkringan jenis apa yang cocok untuk kolibri. Agar burung nyaman dan nagen saat berkicau tidak loncat sana-sini.

Ada banyak jenis kayu yang bisa kita gunakan baik yang masih alami atau kayu yang sudah dibubut. Rumah Kolibri sendiri lebih menyukai menggunakan kayu yang alami daripada yang hasil bubutan biar lebih terlihat alami seperti dialam.

Jenis kayu yang bisa kita manfaatkan antara lain asem jawa, asem bali, bambu cina, dan ranting pohon jenis lain yang sekiranya aman bagi burung dan tidak mudah lapuk. Jangan memakai jenis kayu yang permukaanny
Ma terlalu kasar ataupun yan terlalu licin.

Bambu jepang untuk konins
Kayu asem bali dan bambu jepang

Sebab jika permukaan kasar dapat melukai paruh burung ketika burung membersihan paruh. Sedangkan permukaan yang licin dapat membuat burung terpeleset karena tangkringan basah terkena nektar.
Yang kedua adalah tentang ukuran tangkringan yang bagus untuk burung kolibri. Karena jika kita salah dalam memilih ukuran maka akan berakibat burung kurang nyaman.

Jika terlalu kecil burung akan sering loncat dari satu tangkringan ke tangkringan yang lain. Karena cengkraman kaki tidak begitu kuat.

Jika terlalu besar burung akan tidur menggantung diatas atau istilahnya nglowo. Karena kaki burung tidak dapat mencengkram dengan kuat sehingga burung memilih jeruji atas kandang.

Diameter tangkringan yang bagus berkisar antara 0,5 cm - 1 cm. Sesuaikan dengan besar burung dan kaki burung. Usahakan pilih ukuran dimana jari mencengkram 80% keliling lingkaran tangkringan.

Hal ketiga yang menurut kami wajib diketahui adalah model tangkringan. Kita harus mengetahui model seperti apa yang cocok dengan burung kita. Ada yang hanya menggunakan 2 tangkringan 1 diatas 1 dibawah sejajar atau menyilang.

Bisa juga model 1 dibawah 2 diatas seperti model V. Dalam hal ini tidak ada aturan baku dalam susunan tangkringan. Aturlah sesuai karakter burung anda yang terpenting burung nyaman sehingga tidak ngruji ataupun ngarpet.

Didalam event besar kolibri ninja (konin) memang ada batasan dalam jumlah tangkringan dimana maksimal 3 buah. Namun diberi kebebasan mau dimodel seperi apa. Kalo pengalaman saya pribadi lebih suka dua diatas 1 dibawah.

Demikian itu tentang bagaimana memilih dan menyusun tangkringan yang tepat untuk kolibri.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon