Jumat, 05 Mei 2017

Pakan Alternatif Kolibri Ninja Pengganti Kroto

Jika memelihara kolibri maka kita tidak akan terlepas dari yang namanya kroto. Sebab kroto merupakan penunjang asupan nutrisi bagi burung berupa protein.

Dalam kesehariannya kroto merupakan menu wajib yang harus disediakan agar burung tetap sehat. Namun bagaimana jika disaat kroto sedang langka dipasaran sampai berhari-hari.

pakan alternatif pengganti kroto
Pakan alternatif pengganti kroto pada kolibri

Alternatif apak ah yang harus diambil untuk menggantikan kroto?. Karena kita tahu bahwa burung selain memakan nektar burung juga butuh asupan protein setiap harinya.

Sebenarnya banyak sekali alternatif lain yang bisa kita gunakan sebagai pengganti kroto. Yang terpenting alternatif yang kita berikan tersebut kaya akan protein hewani.

Ada bebrapa macam sumber protein hewani yang bisa kita gunakan disaat kroto sedang langka. Diantaranya adalah ulat balap, putih telur yang dipotong kecil seukuran kroto, atau serangga hidup seperti lalat buah.

Dialam liar kolibri biasa mencari serangga-serangga kecil dari satu pohon ke pohon lain. Baik ulat kecil, laba-laba, ulat buah, atau serangga lain.

Namun disini saya tidak menyarankan memberikan laba-laba sebagai menu harian pengganti kroto. Karena selama ini jika kita memberikan laba-laba tanpa mengetahui kebutuhan burung maka burung beresiko sakit bahkan sampai kematian.

Belum ada penjelasan yang pasti tentang efek laba-laba pada burung kolibri yang menyebabkan kematian. Apakah karena efek metabolisme burung yang meningkat atau karena laba-laba tersebut mengandung racun.

Ulat balap dan putih telur merupakan menu yang paling aman diberikan kepada burung. Selama ini tidak ada efek negatif jika kita memberikannya kepada burung.

Selain yang saya jelaskan diatas masih ada satu alternatif lain yang bisa kita gunakan dan sangat simpel. Susu kental Manis yang biasa kita minum bisa dijadikan pengganti kroto selama susah dicari.

Saya sendiri lebih suka memakai SKM daripada UB ataupun putih telur. Karena menurut saya pribadi lebih simpel dan tidak repot, maklum tipe orang males hehehe.

Jika kita menggunakan SKM selama tidak ada kroto maka kita tidak perlu lagi memberikan nektar atau air gula. Karena didalam SKM sendiri sudah mengandung gula sebagai pengganti nektar dan protein sebagai pengganti kroto, bagaiaman simpel kan?.

Jadi jika kita mendapati kroto susah dipasaran lebih baik kita gunakan alternatif lain salah satunya adalah SKM. Kita hanya tinggal memberikan SKM dan air putih didalam sangkar tanpa memberi air gula atau nektar lainnya.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon