Selasa, 01 November 2016

Jenis-jenis Kolibri Di Indonesia Yang Sering Dipelihara

Indonesia memang dikenal sebagai surganya satwa di dunia kerena hampir sebagian besar bisa ditemukan di negara kita. Tidak terkecuali jenis burung madu yang bisa kita ketahui sangatlah banyak.

Mulai dari Kolibri Ninja, King Konin, Black Sunbird/Kolibri Hitam, Sepah Raja, Wulung/Muncang, Sriganti, Kolibri Kelapa, dan lain-ain. Kali ini saya akan menjelaskan beberapa saja yang sering ditemui atau dipelihara oleh para penghobi burung madu atau yang lebih eksis disebut burung kolibri hehehehe.

Kolibri Ninja (Konin) Atau Kolibri Raja
Kolibri Ninja atau Kolibri Raja (leptocoma sperata) memiliki tubuh berukuran kecil (10 cm). Jantan: Tubuh bagian atas kebiruan tua mengkilap. Topi hijau mengkilap. Tenggorokan ungu mengkilap. Dada merah buram. Betina: Tubuh bagian atas zaitun. Tubuh bagian bawah kuning. Mirip betina jenis lain tapi lebih buram. Perbedaan dengan Burung-madu bakau: dada merah, tubuh lebih kecil. Hidup sendirian atau berpasangan. Lebih suka di dalam tajuk dibandingkan burung madu lain.

kolibri raja
Kolibri Ninja/Konin

Kolibri King Konin
Berukuran sedang (13 cm), berwarna kehitaman. Jantan : tubuh bagian atas hitam dengan warna hijau mengkilap, setrip kumis dan dada ungu; tenggorokan dan dada atas berwarna tembaga gelap mengkilap. Perbedaannya dengan burung madu-pengantin : Ukuran lebih besar, tanpa warna merah pada dada, sisi tubuh kuning. Betina : kepala abu-abu, punggung berwarna zaitun, tenggorokan keputih-putihan, perut kuning kotor, penutup ekor bawah putih. Iris coklat, paruh dan kaki coklat.
burung madu bakau
King Konin

Kolibri Black Sunbird
Berukuran kecil (11 cm). Jantan: mungil, berwarna hitam, dengan kilauan warni-warni biru dan ungu. Paruh ramping melengkung ke bawah. Betina : kepala abu-abu, tenggorokan lebih pucat, punggung dan sayap zaitun, perut kuning pucat.

BS
Black Sunbird

Kolibri Wulung / Muncang
Berukuran kecil (10 cm), berwarna-warni. Jantan: mahkota dan tubuh bagian atas hijau tua mengkilap, pipi merah tua, perut kuning, tenggorokan dan dada coklat-jingga. Betina: tubuh bagian atas zaitun kehijauan, tubuh bagian bawah seperti jantan, tetapi lebih pucat. Iris coklat-merah, paruh hitam, kaki hitam kehijauan.

kolibri muncang
Kolibri Wulung
 
Kolibri Sriganti atau Sogok Ontong
Berukuran kecil (10 cm), berperut kuning terang. Jantan dagu dan dada hitam-ungu metalik, punggung hijau-zaitun. Betina: tanpa warna hitam, tubuh bagian atas hijau zaitun, tubuh bagian bawah kuning, alis biasanya kuning muda. Iris coklat tua, paruh dan kaki hitam.

kolibri sogon gacor
Kolibri Sogok Ontong/Sogon
 
Kolibri Kelapa
Berukuran sedang (13 cm), berwarna-warni. Jantan: mahkota dan punggung hijau bersinar; tunggir, penutup sayap, ekor, dan setrip kumis ungu bersinar; pipi, dagu, dan tenggirokan coklat tua buram, bagian lain pada tubuh bagian bawah kuning. Betina: tubuh bagian atas hijau-zaitun, tubuh bagian bawah kuning muda. Iris merah, paruh hitam, kaki hitam abu-abu.

Kolibri kelapa
Kolibri Manggar/Kelapa

Kolibri Sepah Raja
Berukuran sedang (13cm), jantan berwarna merah terang. Sangat mirip dengan Burung-madu ekor-merah kecuali pada dahi yang berwarna ungu, ekor yang lebih pendek, dan perut yang lebih gelap. Betina: berwarna hijau zaitun gelap. Iris gelap, paruh kehitam-hitaman, dan kaki kebiru-biruan.

kolibri ferari gacor
Kolibri Sepah Raja

Kolibri Gunung / Merak
Berukuran sedang (13 cm termasuk ekor panjang pada jantan), berwarna-warni. Jantan dewasa : mahkota dan garis tenggorokan yang sempit biru-ungu mengkilap ; tenggorokan dan dada atas merah ; penggung dan sayap berwarna zaitun, runggir kuning, ekor hijau kebiruan panjang, ada berkas bulu putih pada sisi tubuh. Betina : tubuh bagian atas berwarna zaitun suram, tubuh bagian bawah hijau zaitun tua dengan sisi putih, ekor lebih pendek. Iris coklat, paruh dan kaki hitam.

kolibri gunung gacor
Kolibri Merak/Gunung

Kolibri Sangihe
Berukuran sedang (12 cm). Tubuh bagian atas hijau metalik dan biru; punggung zaitun kekuningan; pita-tunggir kuning; tenggorokan kuning. Betina: tubuh bagian atas zaitun kekuningan; tunggir kekuningan; mahkota bersisik; tenggorokan dan tubuh bagian bawah kuning.

Kolibri endemik sulawesi
Kolibri Sangihe
Kolibri Ekor Merah
Berukuran kecil (jantan 13 cm dan, betina 10 cm), berekor tajam. Jantan : berwarna merah tua, tunggir kuning, ekor merah padam. Alis, sisi mahkota, tengkuk, dan penutup ekor bawh ungu metalik, tubuh bagia bawah putih keabu-abuan. Betina : sangat kecil, tubuh bagia atas colat zaitun, kaki kepala abu-abu, ciri khasnya sapuan merah pada sayap dan ekor, tubuh bagian bawah berwarna zaitun kekuningan. Iris coklat, paruh dan kaki hitam.

sepah raja
Kolibri Ekor Merah

Kolibri Jawa atau Jago
Berukuran kecail (12 cm termasuk ekornya yang panjang), berwana merah terang (jantan). Jantan : mahkota, setrip malar, dan ekor yang panjang ungu gelap mengkilap; kepala, dada dan punggung merah padam, tunggir merah muda, sayap berwarna zaitun, perut abu-abu muda. Perbedaannya dengan burung-madu sepah-raja : dahi merah, ekor lebih panjang, dan perut putih. Betina : sangat kecil warna abu-abu-zaitun buram. Ciri khasnya : sapuan merah pada sayap dan ekor. Iris coklat tua, paruh dan kaki coklat.

sepah raja jawa
Kolibri Jago/Jawa
 
Kolibri Matari
Berukuran kecil (11 cm). Jantan: dahi, bercak-tenggorokan dan bercak-dada hijau biru mengkilap; dada jingga tua. Betina: mirip dengan betina Burung-madu sriganti, tetapi warna kuning pada tubuh bagian bawah jauh lebih kusam. Ras exquisita memiliki berkas bulu pada perut jantan berwarna jingga, sedangkan tubuh bagian bawah betina kuning terang dan bukannya kuning-belerang.

kolibri matari
Kolibri Matari
 
Kolibri Kelapa leher merah
Berukuran sedang (12 cm. Jantan : memiliki mahkota dan punggung hijau metalik mengkilap, Dagu dan penutup sayap atas merah marun, tenggorokan merah lembut, perut kuning zaitun. Betina : punggung berwarna hijau zaitun, tenggorokan keputih-putihan, perut kuning pucat, dengan lingkar mata kecil kekuningan. Iris merah, paruh hitan, dan kaki zaitun.

kolibri manggar
Kolibri Manggar Leher Merah source : google
 
Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis burung madu yang ada di Indonesia sepeti burung madu pijantung dan lain-lain. Namun tidak bisa saya jelaskan satu persatu. Yang insyaAlloh akan saya bahas satu persatu di lain waktu. Kedepan akan saya bahas satu persatu jenis burung madu yang ada di seluruh Indonesia maupun tempat lain.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon