Selasa, 18 Oktober 2016

Perubahan Warna Bulu Dada Pada Konin Dan Yang Mempengaruhinya

 Semakin hari semakin banyak para konin mania memiliki ketertarikan dalam mengembalikan warna merah pada bulu dada. Mereka semakin penasaran dengan perubahan warna pada bulu dada kolibri ninja. Warna bulu dada pada kolibri ninja saat masih berada di alam liar yaitu merah cerah.

Warna tersebut beranjak berubah ketika burung sudah dirawat oleh manusia. Perubahan warna tersebut dapat berubah menjadi coklat, merah bata, atau hitam. Perubahan tersebut terjadi setelah masa mabung dan tumbuh bulu baru.

perubahan bulu dada konin
Kolibri ninja muda hutan

Pengalaman yang pernah saya alami adalah ketika membeli konin bahan muda hutan yang sudah full metalik. Pada saat pertama kali saya mendapatkan burung tersebut bulu dada masih merah cerah.

Namun setelah mengalami fase mabung  yang muncul adalah warna coklat bukan merah seperti dulu lagi. Bahkan saya pernah menemukan konin milik orang lain yang berwarna hitam. Itulah yang membuat para konin mania semakin bertanya-tanya.

Apakah penyebab dari perubahaan warna pada bulu dada ini?. Untuk mengetahui hal tersebut bacalah artikel ini sampai selesai dan jangan lupa siapkan cemilan dan kopi untuk menemani. sebenarnya masalah ini sudah saya bahas pada grup facebook koninmania pada bulan maret yang lalu. dibawah ini screenshootnya.

pentingnya beta caroten pada konin
diskusi tentang warna bulu konin

Pada dasarnya perubahan pada warna dada konin dipengaruhi oleh pola rawatan dan pakan yang kita berikan selama ini. Dialam liar konin memiliki insting dalam mencari makan tiap harinya sesuai kebutuhan yang dia inginkan.

Sedangkan setelah kita rawat dalam sangkar burung tidak bisa mendapat kebebasan dalam memilih menu makanan yang mereka pilih. Mau tidak mau mereka memakan apa yang telah kita berikan setiap harinya yang sekiranya itu sudah pas buat kita.

Andai saja burung bisa ngomong pasti hal seperti ini tidak terjadi dan saya yakin anda akan kesusahan dalam mencari menu harian untuk gacoan kita,hehehe. Maka dari itu kita harus jeli dalam memberikan menu pakan kedepannya.

Agar burung yang kita rawat mendapatkan asupan nutrisi yang pas dan tepat. Tenang sobat konin mania saya yakin anda bisa karena anda sudah setengah jalan dalam membaca artikel ini.

Sebenarnya warna merah pada bulu konin dipengaruhi oleh pigmen penyusun bulu. Pigmen tersebut dinamakan Karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen yang mendasari 3 warna yaitu merah, oranye dan kuning.

Karotenoid memiliki jabaran yang sangat luas namun saya tidak akan membahasnya secara detail. Yang akan saya bahas adalah yang paling dekat dan mudah kita temukan disekitar kita, yaitu beta karoten dan likopena. Sumber beta caroten yang paling mudah ditemukan disekitar kita adalah wortel dan jenis waluh. Sedangkan sumber likopena yang sering kita lihat adalah tomat dan buah pepaya.

perubahan bulu dada konin
Wortel sebagai sumber beta caroten

Karotenoid juga berkesinambungan dengan vitamin A atau Retinol. Maka dari itu kita harus mencukupi kebutuhan karotenoid dan vitamin A pada burung. Dalam nektar alam kandungan vitamin A dalam 1 kilogram nektar terdapat sekitar 50 gr atau 50.000 IU.
Jadi kesimpulan dari artikel ini adalah perlunya pemenuhan karotenoid dan vitamin A dalam pembentukan pigmen merah. Yaitu dengan memberikan kecukupan dalam pemberian beta caroten, likopena dan vitamin A. Pemberian beta caroten dan likopena tidak memiliki batsan jumlah karena tidak memiliki efek samping.

Karotenoid umum ditemukan pada hewan seperti burung flaminggo yang bulunya berwarna merah muda, udang yang berubah merah ketika dimasak, dan warna merah pada bulu burung kolibri tentunya. Namun kita tidak perlu lagi susah-susah karena kini sudah ada produk nektar yang mengandung beta-caroten, likopen dan vitamin A 1.786 UI per 100ml.

kupas tuntas perubahan bulu dada konin
Tomat merupakan sumber likopena

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon