Minggu, 30 Oktober 2016

Burung Madu Dada Orange Afrika (Anchieta's sunbird)

Burung madu dada orange afrika memiliki bahasa latin Anthreptes anchietae. Tingkat kepunahan burung ini masih dalam kategori rendah. Keberadaan burung ini dapat ditemukan di benua Afrika dengan area penyebaran  Angola, Democratic Republic of the Congo, Malawi, Mozambique, Tanzania, dan Zambia.

burung madu kolibri
Anchieta's sunbird

Ukuran burung berkisar antara 10 - 12 cm panjang tubuhnya. Dengan berat tubuh hanya berkisar 8 gram saja.

Dihabitatnya burung ini tipe burung berpetualang dari satu daerah ke daerah lain. Karena biasa hidup di tempat yang banyak di temukan pepohonan seperti Brachystegia.

Dalam setahun burung berkembang biak sebanyak 2 kali. Dalam sekali masa berkembang biak burung ini bertelur sebanyak 2 buah.

Berkembang biak pada bulan Februari – September di daerah Tanzania. September – Desember di Malawi dan April – Mei Di Zambia.

Warna cangkang telur coklat keputihan dengan ukuran seperti telur pipit. Dengan sarang yang beberbentuk kantung yang terikat pada ranting pohon.

Bahan dari sarang burung ini terbuat dari rumput dan ranting-ranting kecil. Yang di rekatkan dengan sarang laba-laba untuk menggantungkan sarangnya.

Suara burung ini mirip dengan siulan burung gelatik yang biasa kita dengar. Suara panggilan burung ini sangat komplek terdiri dari “tseu-werr”, “tsoo-wit”, “tser-wit-tsui-tsi”, “chip-choo-chip” terdengar merdu.

Makanan burung madu secara keseluruhan hampirlah sama yaitu nektar bunga, serangga-serangga kecil dan buah-buahan kecil. Tidak terkecuali burung ini yang sama jenis makanannya dalam setiap hari.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon