Sabtu, 23 Juli 2016

Perbedaan KONIN Dada Coklat (Dacok), Dada Merah (Damer), dan Dada Hitam (Dahit)

Sobat kolibri mania mungkin banyak yang bertanya-tanya khususnya mereka yang suka dengan kolibri ninja atau yang lebih akrab disebut konin. Mereka pasti akan bertanya-tanya tentang apa perbedaan warna dada baik yang berwarna dada merah, coklat, maupun hitam. Banyak sekali anggapan bahwa dada hitam, coklat dan merah itu beda jenis dan asal burung.

Dan ada yang memahami bahwa dada merah konin dari sumatra sedangkan dada coklat dan hitam dari jawa. Bahkan ada yang membuat statemen bahwa dada hitam lebi bagus daripada dada coklat, dan dada coklat lebih bagus dari dada merah. Sebenarnya pemahaman tersebut salah kaprah dan sudah menjadi kebohongan publik di kalangan konin mania.

Perlu kita tahu baik konin damer, dacok, dahit merupakan satu jenis atau satu spesies yaitu sama-sama kolibri ninja atau bahasa latinnya leptocoma sperata. Yang mebedakan hanya asal konin tersebut dan bagaimana cara perawatannya.
 
konin damer
Konin dada merah
Di alam liar semua burung kolibri ninja berdada merah, belum ditemui yang berdada coklat maupun hitam. Hal ini dipengaruhi oleh faktor makanan yang didapat di alam liar berbeda dengan burung yang dipelihara di kandang. Sedangkan konin yang dirawat oleh manusia yang melewati masa mabung baik itu rawatan dari ijoan maupun yang sudah fullmetalik.

Jika dirawat lama maka besar kemungkinan bulu dada akan berubah warna baik menjadi coklat maupun hitam. Perubahan warna bulu dada sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang diberikan selama dipelihara di sangkar. Menurut yang sudah saya teliti warna dada pada bulu kolibri dipengaruhi oleh 2 unsur yaitu unsur caroten dan cantaxantin.

Selama dipelihara kemungkinan besar asupan 2 unsur tersebut berkurang sehingga bulu dada berubah-ubah setelah mengalami mabung. Dan itu bisa dikembalikan menjadi merah jika diberi asupan 2 unsur tersebut secara alami.
 
konin dacok
Konin dada coklat

Sekarang kita sudah tahu bahwa warna dada tidak bisa dijadikan tolok ukur sebagai darimana asal burung tersebut. Warna dada hanya bisa dijadikan acuan kita dalam membeli burung apakah sudah rawatan lama ataukah belum. Kebanyakan konin tangkapan baru dari alam berwarna merah menyala.

Sedangkan konin yang dirawat sudah lama lebih banyak berwarna coklat maupun hitam, dan merah bata. Namun sekarang sudah banyak produsen nektar yang menawarkan bagaimana cara mempertahankan warna merah pada bulu dada konin. Semoga artikel ini bisa di jadikan refrensi para kolibri mania di Indonesia.

konin dahit
Konin dada hitam

Artikel Terkait

7 komentar

Memang betul perubahan warna pada dada kolibri dipengaruhi oleh faktpr perawatan dan juga pakan.

dada hitam jenis sendiri (black sunbird / Leptocoma sericea )

benar sekali ada burung madu hitam sendiri/black sunbird. sudah kami bahas di artikel lain

Kalo dada coklat itu lokal asli jawa kalo merah itu sumatra mas bukan karna faktor makanan,coba sampean beli yang sudah merah bisa ga dijadiim coklat kalo bisa saya beli mas.saya beli yang muda sumtra aja tetep merah keluarnya bkn coklat.

Terima kasih mas atas masukannya..
Artikel ini dibuat setelah saya mengamati kolibri ninja sejak tahun 2009.
Di daerah saya sendiri (jawa) saya dapat konin dari alam juga berdada merah.

Saya tunggu saja punyane mas, setelah mabung ke dua apakah tetap merah. Ungkapan kalo sumatra merah jawa coklat itu ungkapan yang salah,tanpa dasar ilmu. :)

Dirumah saya ada konin sumatra yang belum selesai mabung dadanya sudah coklat. :)

Faktor makanan memang mempengaruhi.... analisa lebih lama akan menentukan kebenaran penelitian...saya tunggu hasilnya dari agan2... makasih.

Bener juga faktor makanan sangat mempengaruhi akan warna pd burung..
Sama halnya dgn burung sogo ontong yg baru dpt dr alam liar warnanya kuning kehijauan tetapi setelah dirawat lama warnanya memudar jadi puyeh/agak keputihan

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon