Jumat, 22 Juli 2016

Penyebab Kolibri Mati Mendadak

Terkadang kita menemui kasus dimana tiba-tiba burung mati mendadak di pagi hari. Jelaslah kita akan kaget melihatnya karena burung yang kemarin masih gacor dan tampak sehat tiba-tiba mati mendadak. Hal ini membuat kita sedikit heran karena burung yang sudah lama dirawat tiba-tiba saja mati.

Masalah ini masih belum bisa dipecahkan oleh kalang kolibri mania. Maka dari itu perlu kita ketahui penyebab-penyebab yang membuat burung kolibri mati mendadak. Setelah saya mengamati dari berbagai kasus yang dialami dapat kita tarik kesimpulan beberapa penyebab kolibri mati mendadak antara lain.

kolibri mati mendadak
Kolibri mati mendadak

1. Sakit
penyebab pertama adalah kolibri dalam keadaan sakit yang kita kurang begitu memperhatikan. Definisi sakit disini bermakna luas, saya ambil contoh sakit nafas. Dalam kasus ini terkadang kita kurang memperhatikan karena tidak begitu terlihat. Biasanya kasus ini ditandai dengan burung megap-megap meski hanya terbang dari satu pangkringan ke pangkringan yang lain. Jika kita menemui tanda tersebut segeralah di obati.

2. Kroto basi
Kedua adalah kroto yang kita berikan kurang bagus bisa karena kroto basi maupun kroto ditaburi obat pembasmi serangga saat pemisahan kroto dengan semut rangrang. Kasus ini sering terjadi di kalangan kicau mania namun terkadang kurang begitu diperhatikan. Kroto basi maupun kroto yang kurang bagus penanganannya lebih sering membuat kolibri mati jika kita tidak teliti saat membeli. Kebersihan kandang juga menjadi salah satu penyebab burung sakit.

3. Kebersihan kandang yang kurang terjaga.
Kurang rajin dalam membersihkan kandang dapat menjadi rumah bagi kuman dan bakteri jahat. Terlebih kotoran kolibri mudah dicemari oleh bakteri sehingga konin bisa sakit dan mati secara mendadak. Hal ini biasa dialami pada burung yang full kerodong sehingga sirkulasi udara kurang lancar sedang didalam kandang terdapat banyak kotoran burung yang mengandung amoniak.

4. Cuaca ekstrim
Cuaca ekstrim merupakan penyebab yang sering terjadi karena perubahan yang tidak menentu. Biasa terjadi saat musim pancaroba dimana terkadang panas tiba-tiba hujan deras. Dan yang tidak kalah adalah hawa dingin dan angin kencang juga merupakan penyebab kematian mendadak pada burung kolibri.

5. Gangguan serangga beracun
Tawon juga menyukai air gula sehingga terkadang tawon mendekati kandang bahkan masuk ke dalam kandang hal ini dapat menyengat burung sehingga burung mati. Dan serangga lain yang dpat membunuh kolibri adalah serangga beracun yang sering berterbangan dimalam hari. konin sangat suka menangkap serangga sehingga dapat berpotensi untuk menangkap serangga yang beracun. 

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon