Rabu, 15 Juni 2016

Kolibri Ninja (Konin) atau Kolibri Raja

Mengenal salah satu jenis kolibri yang ada di Indonesia salah satunya adalah kolibri ninja. Burung ini memiliki nama yang beerbeda di setiap daerah masing-masing. Di jawa tengah lebih dikenal dengan nama kolibri raja, di jawa barat terkenal dengan kolibri tasik, untuk di jawa timur lebih dikenal dengan kolibri ninja, dan mungkin didaerah lain juga memiliki nama yang berbeda-beda.

kolibri raja
Kolibri Ninja
Masih banyak orang yang masih bingung dengan penyebutan burung ini karena di setiap daerah memiliki nama yang berbeda. Secara nasional burung ini lebih di kenal dengan kolibri ninja atau disingkat menjadi KONIN. Jadi setelah membaca ini nanti diharapkan para pembaca sudah tidak galau lagi bahwa kolibri tasik atau kolibri raja itu sama dengan kolibri ninja atau konin.

Burung kecil ini semakin hari semakin banyak diminati oleh para kicau mania. Bukan hanya sebagai burung pemaster saja sekarang burung ini sudah memiliki kelas tersendiri di dalam event-event lomba. Tidak hanya indah dalam warna yang berwarna warni burung ini juga memiliki suara yang bagus dan gaya bertarung yang membuat orang jadi tertarik untuk memilikinya.

Burung yang bermahkotakan warna hijau metalik dengan bulu dada berwarna merah ini sanggup menirukan suara burung lain dengan fasih asal dimaster secara tepat. Dengan gaya ngobra sambil meliuk liuk seperti orang yang berdansa menambah nilai plus untuk burung ini.

anakan konin
Kolibri muda hutan

Burung dengan nama latin leptocoma sperata ini sekarang sudah mulai jarang ditemukan di pulau jawa. Mungkin karena habitat mereka mulai terdesak oleh percepatan pembangunan di pulau jawa. Data yang saya dapatkan dari grup komunitas kolibri dijawa konin lokal jawa masih bisa ditemukan di daerah purworejo, malang, rembang, dan di daerah jawa barat masih bisa ditemukan.

Harapan kedepan semoga tidak hanya sekedar mencetak konin juara tapi para konin mania semua bisa mengembang biakkan atau bahasa kerennya breder konin agar populasi konin masih tetap terjaga. Setahun belakang ini pasokan konin memang lebih banyak dari pulau sumatra.

Karena di pulau tersebut masih banyak ditemukan konin di hutan-hutan dalam jumlah yang besar. Tapi apakah akan bernasib sama seperti saudaranya di jawa? Semoga saja tidak terjadi hal yang demikian. Mari kita mulai mencoba menangkarkan burung ini mulai dari sekarang.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon